Kalahkan Pramac, Petronas Yamaha SRT Balik Rebut Tim Independen Terbaik di MotoGP

VALENCIA – Petronas Yamaha SRT memang telah malang membantu Fabio Quartararo untuk menjelma juara dunia MotoGP 2020. Meski begitu, mereka tentunya tak menetapkan berkecil hati karena Petronas setidaknya mampu membawa pulang penghargaan yang cukup membahagiakan di musim tersebut.

Tepatnya Petronas memperoleh penghargaan sebagai tim independen unggul di MotoGP 2020. Menariknya membuat tim independent terbaik pernah dirasakan Quartararo dan Franco Morbidelli di MotoGP 2019 atau pada musim pertamanya terjun di kelas itu.

Kini lagi-lagi Petronas Yamaha SRT mendapatkan gelar itu usai Quartararo dan Morbidelli meraih hasil yang luar biasa pada 12 seri balapan yang telah berlangsung. Kedua pembalap Petronas tersebut tepatnya mampu mengoleksi total enam kemenangan dari 12 balapan dalam musim ini.

Menyuarakan Juga: Akui Kekalahannya, Quartararo: Joan Mir Pantas Jadi Juara MotoGP 2020

Meski dasar MotoGP 2020 masih menyisakan kepala balapan lagi, yakni seri Portugal pada 22 November 2020, tetapi perolehan 230 poin yang telah dikumpulkan Petronas Yamaha dipastikan merangket mungkin bisa dikejar oleh lima tim independen lainnya.

Kelima tim independen itu merupakan Pramac Ducati, LCR Honda, KTM Tech3, Reale Avintia, dan Aprilia Gresini. Pramac pun menjadi tim yang paling mendekati perolehan poin yang dimiliki Petronas sebelum MotoGP Valencia 2020 berlangsung pada 15 November 2020 kemarin.

Akan tetapi, 25 poin dengan diberikan Morbidelli usai memenangkan GP Valencia sudah cukup untuk mendirikan perolehan poin Petronas takkan kira-kira terkejar oleh Pramac Ducati. Bahkan sekali pun dua rider Pramac, Jack Miller dan Francesco Bagnaia meraih posisi pertama dan kedua di MotoGP Portugal 2020.