Memperhatikan Macron, Khabib Nurmagomedov Diberi Nasihat dari Atlet Muslim Rusia

MOSKOW – Juara dunia kelas ringan Ultimate Fighting Championship (UFC), Khabib Nurmagomedov mendapat nasihat dari atlet peseda Muslim asal Rusia, Ilnur Zakarin. Nasihat terkait kecaman Khabib pada Presiden Prancis, Emmanuel Macron dengan dianggap menghina Islam atas pidatonya.

Macron memberikan pidato setelah terjadi pembunuhan terhadap seorang guru bernama Samuel Pary. Dia tewas setelah menunjukkan karikatur Rasul Muhammad yang dibuat majalah karikatur, Charlie Hebdo kepada siswanya dalam sekolah.

Laporan BBC, Prancis adalah negara sekularisme negara atau laicite, yang merupakan identitas nasional Prancis. Pembunuhan itu dianggap Macron menetapkan kebebasan berekspresi untuk melindungi perasaan satu komunitas tertentu, menurut negara, merusak persatuan.

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Pensiun, Dustin Poirier Klaim Tampan Jadi Penantang Juara

Namun, Khabib tidak terima dengan pidato Marcon. Dia mengunggah memotret Macron dengan cap sepatu pada Instagram-nya yang memiliki lebih 25 juta pengikut atau follower.

Ilnur Zakarin pun menyampaikan nasihat kepada Khabib atas tindakannya itu. Menurutnya Khabib harus lebih bijaksana dalam menggunakan platform jalan sosialnya.

“Ini adalah masalah agama. Saya sendiri seorang Muslim, saya mempraktikkan (ibadah) Agama islam. Tapi saya bukan pendukung unggahan itu, ” kata Zakarin mengambil Eurosport, Rabu (4/11/2020).