Absennya Marquez Buat Honda Merasa Tersentil

ARAGON – Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, mengecap ada perubahan besar yang dilakukan oleh Tim Repsol Honda di usai ditinggal Marc Marquez absen karena cedera. Ciabatti menilai bahwa Tim Honda kini mulai merakit motornya, RC213V, agar lebih bersahabat dengan pembalap mereka yang lain saat ini.

Sebagaimana diketahui dalam beberapa tahun terakhir, Tim Honda memang sangat bergantung di dalam diri Marquez. Hal tersebut mewujudkan mekanik Tim Honda membangun motor mereka dengan hanya mendengarkan masukan dari Marquez seorang.

Kondisi itu sendiri sejatinya kaya pisau bermata dua bagi Tim Honda. Mereka memang berhasil memperoleh banyak kesuksesan di MotoGP secara memanjakan Marquez. Namun di bagian lain, situasi itu justru menyusun pembalap Tim Honda lainnya kesulitan menjinakkan RC213V.

Masalah besar pun akhirnya dirasakan Tim Honda di MotoGP 2020, masa mereka harus menjalani serangkaian balapan tanpa kehadiran Marquez yang luka. Ya, para pembalap Tim Honda gagal meraih hasil positif dalam balapan-balapan awal MotoGP musim tersebut.

Baca Serupa: Bradl Kemungkinan Besar Masih Gantikan Marc Marquez Lagi di Valencia

Akan tetapi menurut pandangan Ciabatti, Tim Honda kini mulai sadar akan kecacatan mereka tersebut. Ya, Ciabatti memperhitungkan bahwa Tim Honda kini sedang berupaya membangun motor yang bertambah bersahabat kepada pembalap mereka yang lain.

Hal tersebut benar dengan keberhasilan Alex Marquez mengambil podium kedua secara berurutan dalam saat menjalani balapan di MotoGP Prancis dan Aragon 2020, dan Takaaki Nakagami yang mampu jadi tercepat di kualifikasi MotoGP Teruel 2020.