MotoGP Prancis 2020 Kemungkinan Diguyur Hujan

LE MANS – Informasi buruk bagi para pembalap. MotoGP Prancis 2020 akhir minggu ini di Sirkuit Le Mans diprediksi bakal diguyur hujan. Tersebut berarti, untuk pertama kalinya semenjak 2018, sebuah balapan MotoGP berlaku dalam kondisi full wet.

Kejuaraan Dunia MotoGP 2020 sejauh ini memang acap menghadirkan kejutan. Dari delapan seri, telah muncul enam orang pemenang. Sebesar dua balapan bahkan sempat tertahan bendera merah sehingga mereka yang sudah memimpin, malah gagal menang.

Kejutan lainnya diyakini akan muncul akhir pekan tersebut. Sebab, sesuai ramalan cuaca, Gelanggang Le Mans akan diguyur hujan pada saat balapan. Itu berguna, untuk pertama kali sejak GP Valencia 2018, sebuah balapan kembali berlangsung dalam keadaan basah.

Baca juga: Jadwal MotoGP Prancis 2020, Balapan Digelar Lebih Cepat

Hal tersebut disampaikan oleh Prinsipal Tim KTM Tech3 Herve Poncharal. Pria asal Prancis itu mengaku sudah menghalusi ramalan cuaca untuk akhir pekan ini. Ketika muncul prediksi hujan, ia justru sangat khawatir.

“Sayangnya, saya sudah mempelajari ramalan cuaca dan sepertinya sepanjang pekan ini akan sangat enak, yang mana sebuah kekhawatiran, ” ujar Herve Poncharal, dikutip sejak Crash , Selasa (6/10/2020).

“Sejauh ini, kami belum sudah menjalani balapan basah. Namun, akan sangat menarik untuk melihat dengan jalan apa motor bekerja dalam kondisi itu, bagaimana kami bisa mengeksploitasi gaya cengkeram ban basah Michelin, ” imbuhnya.