Soal Penalti Quartararo di MotoGP Emilia Romagna 2020, Kepala Tim Petronas SRT Legawa

MISANO – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, hampir naik ke pada podium di MotoGP Emilia Romagna 2020. Akan tetapi, skenario tersebut gagal terwujud setelah Quartararo menerima penalti dalam balapan yang berlaku di Sirkuit Misano, Minggu 20 September 2020 tersebut.

Penalti didapatkan El Diablo –julukan Quartararo– ketika sedang berada di posisi ketiga. Quartararo menerima penalti karena kerap melewati batas tanda.

Quartararo awalnya diberikan long lap penalty, tetapi ia tidak melakukannya. Sebab, balapan akan segera berakhir sehingga Quartararo memilih untuk tetap melanju hingga garis finis.

Pembalap Petronas SRT itu merupakan pembalap ke-3 yang menyentuh garis finis. Akan tetapi, ia harus rela mendarat satu posisi dan memberikan tempat ketiga kepada pembalap KTM Red Bull, Pol Espargaro.

Quartararo menerima penalti tiga detik sebagai penggati dari long lap penalty yang tidak diambil sebelumnya. Hasil itu sangat disayangkan Kepala Tim Petronas SRT, Razlan Razali.

Meski kecewa, Razali tetap menerima penalti tersebut sebab itu berdasarkan fakta dalam balapan. Pria asal Malaysia itu biar bersyukur karena Quartararo finis keempat sehingga bisa menaikkan posisinya di klasemen sementara.

BACA JUGA: Klasemen MotoGP 2020 Usai GP Emilia Romagna, Dovizioso Masih di Puncak

Quartararo kini menempati letak kedua dengan koleksi 83 poin. Ia satu poin dari pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, yang menempati puncak klasemen tengah.

“Jelas kami kecewa dengan penalti yang diberikan kepada Fabio (Quartararo), tetapi memang begitulah adanya. Kami harus menerima status keempat dan kami masih berada di urutan kedua dalam perlombaan, ” kata Razali, menyadur dari laman resmi Sepang Racing Team, Senin (21/9/2020).

(mrh)