MotoGP San Marino 2020 Bisa Dihadiri Penonton, Begini Protokolnya

MISANO – Tonggak bersejarah bakal tercipta pada MotoGP San Marino 2020 . Sebab, untuk pertama kalinya musim ini, balapan MotoGP akan dihadiri penonton. Kendati begitu, ada aturan kesehatan ketat yang diberlakukan pihak penyelenggara.

Seperti diketahui, lima seri pertama MotoGP 2020 digelar tanpa penonton. Langkah itu diambil sebagai bagian dari aturan kesehatan yang disusun bersama sebab Dorna Sports, Federasi Balap Mesin Internasional (FIM), IRTA, dan otoritas negara tuan rumah, guna menghalangi penyebaran Covid-19.

Pada pertengahan Agustus 2020, Pemerintah Daerah Emilia-Romagna, Italia, memberi angin segar. MotoGP San Marino dan Emilia Romagna 2020 pada 13 serta 20 Agustus mendatang, dapat dihadiri penonton dengan jumlah terbatas berlebih dengan protokol kesehatan yang teliti.

Baca juga: Jadwal MotoGP San Marino 2020, Balapan Kandang Valentino Rossi

Dilansir dari GPOne , Rabu (9/9/2020), pihak penyelenggara hanya membuka 10 ribu dari total kapasitas 40 ribu tempat duduk di Sirkuit Misano World Marco Simoncelli. Jumlah 10 ribu penonton itu sahih per hari pada Jumat-Minggu.

Para penonton yang memiliki tiket, tidak diizinkan untuk mengakses area di luar tribun, tercatat memadati area rumput, yang berpunya diduduki. Selain membatasi jumlah, penyelenggara juga wajib memegang data dan identitas penonton yang hadir dalam setiap harinya.

Jadwal tersebut nantinya akan menjadi rujukan bagi otoritas setempat untuk melacak kontak fisik andai ditemukan kejadian Covid-19 di antara penonton sudah lomba. Walau terdapat pembatasan pada sana-sini, hal itu sudah disyukuri oleh beberapa pihak, termasuk Valentino Rossi.

“Anda tak bisa membayangkan Misano tanpa penggemar. Itu adalah rumah kami dan mereka mendorong segala upaya agar bisa menggelar dua seri di sana, karena itu adalah medan yang bagus, ” papar Valentino Rossi, dikutip dari Corse di Moto .

(mrh)