Sudah 900 Balapan Grand Prix Digelar, Rossi Pegang Sejumlah Rekor

KEJUARAAN Dunia balap motor grand prix sejatinya sudah menggelar 900 balapan sepanjang penyelenggaraannya untuk kelas premier. Adapun yang menjadi balapan ke-900 tersebut adalah MotoGP Styria 2020 yang dilangsungkan pada 23 Agustus di Sirkuit Red Bull Ring Spielberg.

Itulah mengapa pembalap KTM Tech3, Miguel Oliveira, yang menjadi pemenang dalam seri tersebut diberi hadiah mobil BMW. Sebab, balapan tersebut dianggap sebagai seri yang spesial dan perlu dirayakan.

Oliveira memang beruntung bisa menjadi pemenang dalam grand prix ke-900. Akan tetapi, patut dicatat, sepanjang sejarah penyelenggaraan balap motor grand prix, Valentino Rossi tetap dipandang sebagai yang terbaik.

Baca juga: Gaji Alex Marquez Setara Quartararo, Rossi Tertinggi Kedua

Rossi sejatinya sudah terjun ke kelas premier sejak musim balap 2000. Sejak saat itu, The Doctor tercatat telah melakoni 352 kali balapan. Luar biasanya, Rossi mampu meraih podium sebanyak 199 kali.

Jumlah tersebut setara dengan 22,11 persen dari total keseluruhan seri balapan yang telah digelar di kelas premier (900). Dengan catatan itu, maka Rossi pun kini memegang rekor pembalap yang paling banyak meraih podium di kelas premier.

Posisi Rossi dibuntuti oleh Jorge Lorenzo yang mengumpulkan 114 podium dan Dani Pedrosa (112 podium). Kedua pembalap tersebut tentunya tak akan bisa menyalip jumlah podium Rossi karena mereka sudah pensiun.