Buatan Race MotoGP Spanyol 2020, Quartararo Akhirnya Rasakan Kemenangan

JEREZ – Manisnya kemenangan akhirnya dirasakan juga oleh Fabio Quartar aro. Pembalap Tim Petronas Yamaha SRT itu sukses melintasi garis sudah paling awal dibandingkan yang asing pada MotoGP Spanyol 2020 di Sirkuit Jerez-Angel Nieto, Minggu (19/7/2020) malam WIB. Ia berhasil hadir dominan nyaris di sepanjang lomba.

Itu merupakan kemajuan pertama Fabio Quartararo di bagian MotoGP. Sebelumnya, ia gagal mengarungi garis finis sebagai yang terdahulu pada tiga kesempatan sepanjang Pertandingan Dunia MotoGP 2019 karena selalu kalah di putaran terakhir lantaran Marc Marquez.

Jalannya Balapan

Start balapan berlangsung mulus. Para pembalap melewati tikungan pertama nyaris tanpa masalah. Maverick Vinales sendiri berhasil mewujudkan ambisinya untuk melaju sejak start. Ia berhasil menyikat posisi terdepan dari tangan Fabio Quartararo pada tikungan pertama.

Baca juga: Rossi Tak Setuju Gaya Balapnya Disebut Bikin Aus Ban

Posisi El Diablo melorot dibanding pertama ke tiga setelah mengikuti disalip Marc Marquez. Jack Miller lantas menyodok ke posisi 3 dengan menyalip Fabio Quartararo, juga pada lap pertama. Pimpinan lomba sempat berganti dari Vinales ke Marc Marquez pada putaran ketiga di tikungan Dani Pedrosa.

Pelaku terjadi ketika Marc Marquez tahu melebar pada putaran keempat di tikungan empat. Sang juara berdiam bahkan nyaris terjatuh andai kurang sigap. Ia masih mampu kembali ke lintasan meski terlempar ke posisi 16. Pimpinan lomba lagi-lagi dikuasai Maverick Vinales.

Di belakang Top Gun, Fabio Quartararo mengambil alih posisi ke-2 dari tangan Jack Miller dalam tikungan terakhir. Posisi terdepan balik berganti pada putaran delapan. Melebarnya Maverick Vinales pada tikungan belakang, dimanfaatkan betul oleh Fabio Quartararo dan Jack Miller untuk menyusul.

Memasuki pertengahan lomba, Fabio Quartararo bisa merentang tenggang secara perlahan dari kejaran Jack Miller di posisi kedua. Kelainan bahkan melebar menjadi 2, enam detik ketika balapan tersisa 10 putaran lagi. Sementara itu, Marc Marquez melewati satu per mulia lawan hingga menempati peringkat enam.