Jalan Andrea Dovizioso untuk Akhiri Sumpah di Sirkui Jerez Kian Pelik

JEREZ – Balapan kemuliaan perdana MotoGP 2020 akan dilangsungkan akhir pekan ini, Minggu 19 Juli. Adapun yang menjadi tuan rumah seri pembuka adalah Gelanggang Jerez dengan tajuk MotoGP Spanyol 2020.

Pembalap Mission Winnow Ducati, Andrea Dovizioso, sejatinya memiliki ambisi besar untuk menyerbu posisi tiga besar dalam balapan di Sirkut Jerez. Sebab, selama berkarier di kelas premier, pembalap asal Italia itu belum sudah sekalipun mendapatkan podium di Sirkuit Jerez.

Hal itu tentunya terbilang mengejutkan. Sebab, pada tiga musim terakhir Dovizioso selalu tampil sebagai runner-up Kejuaraan Dunia MotoGP. Bahkan, pada 2017 Dovizioso bersaing ketat dengan Marc Marquez hingga balapan seri terakhir.

Baca juga: Lanjutkan Gaya Positif, Vinales Akan Tancap Udara sejak Sesi Latihan Bebas

Dovizioso tercatat sudah 12 tahun tampil di kelas premier. Pertama kali Dovizioso berlaga dalam ajang MotoGP adalah pada musim balap 2008 bersama Honda. Di musim perdananya tersebut, Dovizioso cuma bisa finis kedelapan saat hadir di Sirkuit Jerez.

Tercatat, raihan terbaik yang pernah didapat Dovizioso saat mentas pada Sirkuit Jerez dalam gelaran MotoGP adalah dengan menempati posisi keempat. Hal itu didapat Dovizioso musim lalu, yakni dalam gelaran MotoGP Spanyol 2019.

Satu-satunya podium yang diraih Dovizioso dalam Sirkuit Jerez adalah saat dirinya masih tampil di kelas 250cc pada musim balap 2007. Bilamana itu Dovizioso finis di status ketiga. Ia hanya kalah cepat dari Jorge Lorenzo dan Alvaro Bautista.