Kisah Romantis Lin Dan dan Xie Xingfang saat Kawinkan Gelar Jago Dunia pada 2006

GUANGZHOU – Legenda bulu tangkis dunia, Lin Dan, telah memutuskan gantung raket pada Sabtu 4 Juli 2020. Ia mengakhiri kariernya di dalam usia 36 tahun setelah mengecap prestasi besar selama 20 tahun mentas di pentas bulu menentang dunia.

Tentu saja, banyak prestasi cemerlang yang diraih Lin Dan termasuk memiliki perut medali emas Olimpiade pada 2008 dan 2012 serta rentetan menggelar juara dunia sebanyak lima kali. Namun, ada momen yang tak bisa terlupakan ketika ia mengambil gelar juara dunia pada 2006 di Madrid, Spanyol.

Baca juga Lin Dan Besar Kali Kehilangan Gelar Bergengsi karena Taufik Hidayat

Pada tahun tersebut, Lin Dan sudah menjalin percintaan yang sangat berpengaruh dengan sesama pebulu tangkis tunggal putri asal China bernama Xie Xingfang. Berpacaran sejak 2003, nyatanya hubungan tersebut tak membuat keduanya melupakan prestasi mereka di ajang bulu tangkis.

Kejuaraan Dunia pada 2006 menjadi saksi bagaimana kisah romantis mereka di luar lapangan mampu berlanjut di dalam arena. Keduanya berhasil mengawinkan gelar juara negeri di nomor tunggal putra & putri setelah sempat tertunda dalam tahun lalu.

Lin Dan lulus memenangkan gelar juara dunia di dalam 2006 setelah menumbangkan rekan senegaranya, Bao Chunlai dengan skor 18-21, 21-17, dan 21-12. Sementara Xie Xingfang menaklukkan pemain asal China lainnya yakni Zhang Ning dengan skor 21-16 dan 21-14.

Kesuksesan tersebut seakan membalaskan kegagalan mereka pada 2005 saat Kejuaraan Dunia berlangsung di Anaheim, California, Amerika Serikat. Kala itu, keduan nyaris mengawinkan gelar sesudah Xie Xingfang menyabet titel pendekar dunia.

Loading…