Dilelang Rp8, 2 Miliar, Sepatu Debut Michael Jordan Jadi yang Termahal di Dunia

CHICAGO – Sepatu yang dipakai Legenda basket NBA, Michael Jordan, di musim debutnya pada 1974 hingga 1985, yakni Nike Air Jordan satu, telah berhasil dilelang dengan makna fantastis yang mencapai 560 seperseribu dollar Amerika Serikat (AS) atau sekira Rp8, 2 miliar. Secara laku terjual di harga dengan luar biasa tersebut pada Minggu 17 Mei 2020, lantas sepatu Nike Air Jordan 1 berhasil memecahkan rekor sebagai sepatu gerak termahal di dunia.

Nike Air Jordan 1 lulus mengalahkan harga jual sepasang ladam Nike Waffle Racing ‘Flat Moon Shoes’ 1972 yang laku pada harga 437. 500 dollar AS (Rp6, 5 miliar). Nike Waffle Racing tersebut adalah pemegang rekor sepatu olahraga termahal di negeri sebelumnya dan baru tercipta pada tahun lalu di pelelangan Sotheby.

Baca Juga: Dilelang Rp8, 3 Miliar, Kuda Debut Michael Jordan Jadi yang Termahal di Dunia

Keberhasilan terjualnya Nike Air Jordan 1 bekas Michael Jordan itu dengan harga yang sangat fantastis tak terlepas dari adanya serial dokumenter berjudul The Last Dance yang tayang di ESPN dan Netflix. Serial yang berlangsung sedari 19 April sampai 18 Mei 2020 dan dengan berisikan 10 episode itu memang membuat nama Jordan kembali menjadi buah lambe masyrakat dunia, khususnya para pencinta NBA.

Serial dengan menceritakan musim terakhir Michael Jordan bersama Chicago Bulls di tahun 1997-1998 itu memang membuat heboh dunia perbasketan. Karena itulah adil saja memang jika banyak karakter yang langsung tertarik kembali dengan Jordan dan ingin membeli sepatu bersejarah milik legenda NBA tersebut.

Loading…