FIA Perpanjang Masa Penghentian Operasional Tim F1 Imbas Covid-19

PARIS – Federasi Automotif Internasional (FIA) memperpanjang masa shutdown atau pelepasan operasional tim serta pabrikan instrumen di Formula One (F1). Era penghentian operasional ini berubah menjadi 63 hari dari sebelumnya ditetapkan selama 35 hari.

Langkah ini diambil FIA kelanjutan merebaknya pandemi virus corona pada seluruh dunia. Virus Covid-19 ini memang telah mengganggu penyelenggaraan sebesar kompetisi olahraga, termasuk F1. Apalagi sampai saat ini, belum ada satu pun perlombaan di F1 2020 yang bisa digelar.

Sebelumnya, FIA sendiri telah membatalkan operasional tim dan pabrikan mesin di F1 selama 21 hari yang kemudian diperpanjang pada pokok bulan ini menjadi 35 hari. Sejak itu, FIA kembali memperpanjang durasi waktu shutdown menjadi 63 hari berturut-turut sehingga pabrik-pabrik awak akan ditutup selama Maret, April, Mei dan juga Juni jika diperlukan.

BACA JUGA: Hamilton Menentang Hal Positif dari Situasi Sulit Akibat Pandemi Covid-19

Selama shutdown, tim beserta pabrikan mesin di F1 tidak diperbolehkan melakukan pengembangan terkait mobil balap, baik dalam segi desain, riset, hingga produksi. Tetapi, FIA menjelaskan bahwa setelah 50 hari masa shutdown, tim di F1 dapat mengajukan izin untuk menunaikan proyek jangka panjang utama dengan hanya maksimal 10 orang.

Loading…