Arahan Proyek HRC Beberkan Sebab Kegagalan Lorenzo di Honda

TOKYO – Meski berstatus sebagai jago dunia MotoGP sebanyak tiga kali, namun Jorge Lorenzo justru bubar bersinar di Kejuaraan Dunia 2019 saat membela Repsol Honda. Rupanya ikut bersaing dalam perebutan melangsungkan juara, pada faktanya Lorenzo bahkan lebih sering berkutat dengan cedera.

Tercatat, dari 19 seri balapan yang diselenggarakan tahun lalu, pembalap berjuluk X-Fuera tersebut absen dalam empat seri pokok cedera. Sedangkan di 15 kemuliaan lainnya, meski Lorenzo ikut beserta dalam balapan, namun ia tak pernah sekalipun finis di korps 10 besar. Hal inilah dengan kemudian mendorong Lorenzo untuk purna bakti di akhir musim.

Baca juga: Ayah Rossi Yakin Kondisi sang Anak Lestari Baik Selama Lockdown di Italia

Kendati demikian, patuh Pimpinan Proyek Honda Racing Corporation (HRC), Takeo Yokoyama, faktor yang membuat Lorenzo gagal dalam pertandingan MotoGP 2019 bukanlah cedera. Menurutnya, Lorenzo gagal bersinar karena belum bisa beradaptasi dengan motor balap Honda.

“Sulit bagi Jorge sejak awal. Dia luka di musim dingin dan karenanya tidak punya cukup waktu buat melakukan persiapan dengan motor. Masa dia mulai merasa lebih molek di atas motor, dia mengalami beberapa kecelakaan dan cedera lainnya, ” ujar Yokoyama, melansir sebab Speedweek , Kamis (2/4/2020).

Loading…